hacker

hacker

TIK


 C. Spesifikasi KomputerSpesifikasi komputer biasanya memuat keterangan tentang komponen-komponen Hardware dan juga Sofware (Operating system) yang terdapat dalam komputer tersebut. Spesifikasi ini dapat kita ihat dan kita pastikan pada saat  tampilan awal komputer dihidupkan.Contoh seperti di bawah ini, Spesifikasi komputer yang yang terdapat dalam iklan di Surat kabar atau majalah.      CONTOH SPESIFIKASI   KOMPUTER   
   KETERANGAN     Intel   Pentium 4  3,2 GHz LGA 775   ←   Jenis, merek dan kapasitas Processor yang   digunakan     Motherboard   Intel   ←   Jenis dan merek Motherboard yang digunakan     HD   120 GB   ←   Kapasitas   Hard disk     DDR2   512 MB   ←   Jenis   dan Kapasitas Memory     DVD-RW   Double Layer   ←   Dilengkapi   dengan alat untuk membaca/memutar DVD dan juga dapat merekam data kedalam   keeping DVD     Monitor   LCD 15” Acer   ←   Jenis, merek dan Ukuran Monitor     Speaker   Simbada   ←   Jenis   Speaker     Dll..   
Rp.   4.512.000,-   ←   Harga   jual    Rounded Rectangle: PR Carilah 1 buah iklan yang memuat Spesifikasi komputer (Seperti Contoh diatas) dari Media Cetak Baik Surat Kabar/Koran ataupun majalah. Gunting iklan tersebut dan tempelkan di buku PR. dikumpulkan minggu depan

D. Menggunakan perangkat lunak (sofware) Beberapa program aplikasi             Perangkat Lunak (Sofware) adalah jiwanya komputer yang mengendalikan semua yang dilakukan oleh Hardware. Dengan adanya sofware, berarti fungsi-fungsi hardware dapat digerakan/dijalankan. A.  Macam-macam perangkat lunak (Sofware) beserta fungsinya 1.    Sofware Sistem Operasi (Operating System)Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer. Sistem operasi berfungsi mengatur kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur proses input/output, mengatur memori internal dan eksternal, mengatur pengkodean, Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer, Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal) dan Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contohnya sistem operasi :MS DOS (Disk      Operating System) Produk dari IBM Corp dan Microsoft CorpSistem Operasi      UNIX produk dari AT&T Bell LaboratoryLINUXOS/2Windows Produk      dari Microsoft Corp. (windows 3.1.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000,      Windows ME/Milenium Edition, Windows XP/Experience dan yang terbaru      Windows Vista) 2.    Sofware Bahasa Pemograman (Language Sofware)Yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman kedalam bahasa mesin agar dimengerti oleh komputer. Contohnya:Fortran      (Formula translator), AssemblyBasic      (Beginner’s All Symbolic Interchange Code) Pascal/Turbo      PascalCOBOL      (Common Business Oriented Language)Bahasa CVisual BasicDelphie 3.    Sofware alat bantu (Utility Sofware)Merupakan sofware yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) digunakan sebagai alat bantu (Utility) terhadap komputer. Contohnya:Norton UtilityLaplinkNorton      CommanderPartisi Magic
  
4.      Sofware aplikasi Yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan sofware (Sofware house) yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum. Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau  bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran  antara lain :a.      Perangkat lunak untuk Pengolah KataUmumnya digunakan untuk membuat suatu dokumen yang berhubungan dengan teks (Surat, Laporan dll) Contohnya :1.    Microsoft Word2.    Wordstar3.    Word Perfect4.    Chiwriter, dllb.      Perangkat lunak untuk Pengolah AngkaBerfungsi sebagai program penghitung suatu data (Data tabel/Spreadsheet) dan biasanya dilengkapi fitur-fitur pelengkap seperti grafik dan diagram. Contohnya:1.      Microsoft Excel2.      Lotus 1233.      Super Calc.4.      Stat Plus, dllc.       Perangkat Lunak Untuk Akses InternetSuatu program yang digunakan untuk menjelajah (Browsing) internet biasanya sering disebut dengan Browser. Contohnya:1.      Internet Explorer2.      Mozilla Firefox3.      Netscape Navigator4.      Opera, dlld.      Perangkat Lunak untuk Desain Grafis
materi TIK kelas XI Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. (Wikipedia)

Penjelasan lain tentang Internet yaitu berasal dari kata International Networking, yang maksudnya adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan kemudian membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan juga saling bertukar informasi.

Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.


BBN Tim Proyek ARPA
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.